Ramadhan, Bukber with My Besties – An Emotional Release

Camera 360

Hari-hari berpuasa telah kembali, memberikan warna lebih beragam dalam hidup saya, dan mungkin juga anda. Yah gimana enggak, biasanya kita bisa langsung main samber keripik kalo lagi galau, sekarang harus tahan-tahan, iya lapernya iya emosinya. Belum lagi kehidupan kantor yang kadang bikin kita (ehm.. saya) pingin terbalikin meja, kalo kerjaan lagi numpuk plus deadline sudah dekat, apalagi kalo ada kejadian-kejadian yang bikin… Hiyyaaahhhh…. Tapi, balik lagi, harus diingat lagi esensi utamanya puasa adalah menahan segala dorongan negatif yang muncul, yang bikin nyesek, yang akan meruikan kita sendiri kalo dibiarkan lepas tanpa kontrol; dan tentu saja dorongan dari abang tukang Liang Teh yang barusan lewat sambil dorong-dorong gerobak berisi cairan penggoda iman *lohhh??

Hmmm yah, salah satu caranya untuk membantu saya menahan dan mungkin juga menghilangkan segala emosi negatif yang mengiringi langkah meniti bulan Ramadhan ini adalah dengan berkumpul dan sekedar ngobrol ringan sama teman-teman. Niat lainnya adalah untuk menyambung silaturahmi, karena katanya barangsiapa yang menyambung silaturahmi, rezekinya akan dilapangkan dan pahalanya besar loh… (hehee.. Aminn). Karena Ramadhan adalah waktu yang sangat tepat untuk kembali bertemu dengan teman-teman lama, yang pada hari-hari biasa penuh kesibukan mereka terlupakan dan kitapun dilupakan. Untungnya, di tradisi kita, selama Ramadhan ada yang namanya bukber alias buka bersama, jadi nggak perlu buat alasan macam-macam untuk ketemu teman-teman. Bilang saja, “Eh, kapan nih kita bukber?” What a great alibi, eh? Plus, semakin sering kita ngobrol, membaca buku yang lain selain buku kehidupan kita sendiri, menikmati warna lain selain warna kita dan mencicipi masalah lain selain masalah kita sendiri, akan membebaskan kita dari perasaan “menjadi korban kehidupan” yang seringkali menghinggapi kalo lagi ada masalah. Hmmm, ya setidaknya ini berlaku buat saya ya. :))

Singkatnya, jadilah saya menghubungi beberapa teman untuk ajak mereka bukber, sekalian bertukar kisah kehidupan. Seru kan istilahnya? Hehehe. Hmmmm ya, saya akui, mengenai silaturahmi ini, saya sering merasa bersalah. Seringkali saya terlalu sibuk dengan kehidupan saya sendiri, dengan masalah-masalah yang ada di seputarnya, dengan impian, cita-cita, pemikiran yang dibuat seolah mendalam, hingga seolah dunia berputar di sekitar saya. What a terrible mistake! Saya kangen teman-teman dan keluarga, tapi tidak tahu apakah mereka bahkan ingat  atau memikirkan saya.

Nah, niatnya di bulan Ramadhan ini saya pingin memperbaiki kesalahan saya. Memperbaiki ya, tidak lebih baik daripada mencegah tapi setidaknya ada sedikit kemajuan. Jadi ceritanya, di hari ke 6 Ramadhan ini, saya sudah dua kali ketemu teman-teman. Yang pertama sih belum masuk bulan Ramadhan ya, jadi pra-Ramadhan deh. Hehehe.. maksa. Disitu saya ketemu teman-teman SMA yang udah lamaaaaa banget nggak saling berinteraksi. Hmmm ya paling cepat terakhir ketemu 2 tahun lalu deh. Hahaha. Yang kedua, hari Minggu kemarin, I met my bestie Arin. Oh, what I missed her so much! Saling bertukar cerita dan bertukar pikiran, mendengarkan apa yang terjadi di kehidupan orang lain tanpa menghakimi, menikmati kenangan, ternyata memberikan obat yang sangat mujarab bagi berbagai penyakit hati yang sering saya rasakan. Can’t wait for 2 other bukbers in very close future! I want to hear more from you my friends!***

Nggak seru kalo nggak ada fotonya ya :)) Hehehe (alibi untuk narsis). Here they come…

Pre-bukber. *istilahnya maksa* di Pasar Festival Kuningan.

Pre-bukber. *istilahnya maksa* di Pasar Festival Kuningan.

With my bestie, Arin, di Warung Tekko, Plaza Kalibata.

With my bestie, Arin, di Warung Tekko, Plaza Kalibata.

Camera 360

Toples isi rempah-rempah kering di Warung Tekko😀

Leave a Reply

