Apa Kabar, Ragunan?

ragunan1

Warga Jakarta dan sekitarnya pasti nggak asing lagi deh sama yang namanya Kebun Binatang Ragunan. Gimana nggak, kebun binatang yang satu ini sudah ada sejak jaman kita kecil dulu, sebelum ada kebun binatang lain yang lebih progresif seperti Taman Safari di Cisarua atau Seaworld di Ancol. Tapi kalo ditanya kapan sih kamu terakhir kali kesana? Hayo, masih ingat nggak?

Ragunan itu salah satu tempat favorit Cony dan Brown di Jakarta, lho. Kami suka pepohonannya yang besar dan rindang, suasananya yang santai dan alami, suara kicau burung, dan terutama binatang-binatangnya yang lucu dan sering membuat kami terhibur. Jalan berdua menyusuri Ragunan, sambil sesekali menonton tingkah laku binatang sungguh sangat menyenangkan buat kami. Ragunan bisa membuat kita rehat sejenak dari kehidupan kota besar yang sibuk, macet dan bikin pusing.

ragunan

Kalo lapar atau capek keliling, Cony dan Brown akan cari tempat ‘bertengger’ dan mulai membuka bekal, makan sambil santai, bahkan sampai tidur-tiduran. Hehehe. Kalo sedang tidak bawa bekal, kita biasanya makan di restoran dekat kolam monyet. Disitu ada lesehan dibawah pepohonan yang besar-besar. Suasananya enak banget! Kalo makanannya sih, biasa aja.

Lalu gimana dengan binatangnya? Begitu melewati pintu gerbang, kamu akan disambut oleh sekelompok besar burung pelikan yang menghuni kolam yang dibuat lengkap dengan tebing-tebing karang buatan. Walaupun buatan, kolam tempat tinggal pelikan-pelikan besar ini terlihat cukup alami dan cantik lho. Ini salah satu ‘kandang’ favorit kita di Ragunan.

??????????

Setelah puas melihat pelikan, kita biasa melanjutkan perjalanan menuju kumpulan kandang singa, macan tutul dan harimau. Ada harimau putihnya juga lho! Beberapa binatang kecil yang lucu dan bikin gemas, misalnya rakun atau rusa tutul yang akan mengingatkanmu pada Bambi, si rusa Disney. Oh ya, rusa-rusa kecil ini doyan makan lho. Mereka makan apa saja, seperti buah kecapi dari pohon di sekitar kandang yang disodorkan pengunjung. Cony bandel, pernah kasih rusanya astor. Eh, mereka doyan lho!

Favorit kita yang lain adalah kandang burung. Jenis burungnya lumayan banyak. Cony dan Brown suka burung-burung besar yang berisik dan mengepak-ngepak. Ada elang, merak, burung rangkong, kasuari, dan masih banyak lagi. Hmmm, jadi kangen ke Ragunan nih.***

 

5 thoughts on “Apa Kabar, Ragunan?

  1. Ah, kalo baca tentang kebun binatang… saya jadi sakit hati sama KBS yang menelantarkan binatang-binatangnya… Di KBS, kawanan pelikan yang jumlahnya puluhan berdesakan di kandang yang sempit…

    • Iya saya pernah baca juga. Harimaunya kurus2 banget, unbelievable karena bagi saya harimau di ragunan-pun masih terlalu kurus. Pas lihat di KBS, sangat menyedihkan! Apa mungkin pemerintah nggak punya dana untuk kebun binatang, apa dananya ditilep yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s