Bong Kopitown, Makan Enak di Penjara?

Halo.. haloo… sudah lama tak bersua. Hehehe… Maaf ya, karena sibuk kerja, Cony jadi nggak punya waktu buat ngeblog. Tau sendiri lah gimana kerja di majalah… DEADLINE is our daily food (alesan! hehehe…). Well, yah, karena kangen ngeblog dan bahan udah banyak banget numpuk, sebelum lupa apa yang mau ditulis, mending dikerjain sekarang deh.😉

Sebagai pasangan doyan makan, Cony dan Brown sudah beberapa kali makan di resto yang unik dengan nuansa penjara, yaitu Bong Kopitown. Mungkin beberapa dari kalian sudah pernah makan disana juga, karena memang sudah agak lama sejak opening sampai sekarang. Cony dan Brown makan disana pas opening, tapi baru sempat kasih review sekarang T_T. Tapi nggak apa-apa, soalnya sekarang kita sudah cobain lumayan banyak menunya, di cabang Semanggi dan Supermal Karawaci, jadi bisa lebih banyak review-nya.

Oke, mulai ya. Dari luar, resto ini keliatan intimidating. Penjara banget lah, dengan tembok-tembok kelabu suram, teralis besi yang kelihatan dingin dan kejam, plus cahaya remang-remang dari lampu ber-kap besi yang tergantung di langit-langit. Meja-meja makan ditempatkan didalam sel-sel, kayak di penjara beneran! Di beberapa restoran, sel-selnya bisa dibuka-tutup, jadi bener-bener makan sambil dikurung gitu😀. Unik juga sih idenya.

Tampilan oke, trus rasanya gimana? Sebetulnya Bong Kopitown ini adalah improvisasi dari Kopitiam. Menu-menu kopitiam, seperti kaya toast, laksa Singapura, nasi lemak, kopi tetes, nasi tim bisa ditemukan disini. Tapi menu-menu lain yang beda juga ada, seperti Spicy Rendang Noodle atau Bakmi Kepiting Pontianak. Selain itu ada juga Nasi dan Mie Penjara yang disajikan di piring kaleng, kayak di penjara betulan.

Ini beberapa menu yang kita cobain:

bakmi pontianak

Bakmi Kepiting Pontianak

Kalo di daftar menunya si Bong, Bakmi Kepiting Pontianak ini disebut-sebut bakmi paling enak di Pontianak. Penampilannya menjanjikan. Disajikan dengan udang kupas, crabstick, potongan otak-otak ikan, pangsit goreng, dan daging ayam yang mirip seperti yang disajikan dengan mi ayam, plus jeruk nipis jika suka. Saya sih pakai jeruk nipisnya supaya lebih kaya rasa. Oh ya ada kuah terpisahnya juga. Begitu saya coba, saya langsung suka! Mie-nya kenyal dan gurih, bentuknya kecil tipis dan keriting. Yang paling yummy itu potongan daging ayamnya. Saya nggak bisa mendeskripsikan rasa bumbu tertentu. Mungkin kecap dan kaldu. Pokoknya rasanya enak! This is a must taste dish at Bong Kopitown.

Rendang Spicy Noodle

Rendang Spicy Noodle

Ada lagi yang namanya Mie Rendang alias Rendang Spicy Noodle yang jadi andalan disini. Bumbu rendangnya pedaaaassss, enak dan pas. Daging rendangnya (ada 2 potong) lumayan besar dan empuk! Dilengkapi juga dengan telur rebus dan baby potato, tambah nikmat deh. Tapi hati-hati, buat yang nggak kuat pedas, jangan coba2 makan yang lebih dari level 3 “Mei Kuan Shi” yang pedesnya udah ampun-ampunan. Beuh! FYI, mie rendang ini memang hadir dalam 8 level kepedasan, yaitu:

Level 1 : Sekiak
Level 2 : Moyung
Level 3 : Mei Kuan Shi
Level 4 : Lihai
Level 5 : Sen Cin Ping
Level 6 : Bohwat
Level 7 : Auban
Level 8 : Amsyong

Waspadalah! lhoo_O

Nasi Tim

Nasi Tim

Satu lagi yang menurut Cony enak adalah Nasi Tim. Enak, tapi tidak spesial sih. Yang jelas, Cony kenyang makan ini. Tapi kayanya kalo memang terbiasa makan makanan berat, kurang kenyang sih. Lebih kenyang makan macam-macam mie yang ada di menu.

Nasi Penjara

Nasi Penjara

Another one is Nasi Penjara. Ini khas banget di Bong Kopitown. Dihidangkannya aja pakai piring besi, persis kaya di penjara lah. Tapi Cony kurang suka karena nasinya nyemek-nyemek gitu. I prefer “drier” dish. Rasa sih no problem, enak aja. Ada juga Mie Penjara, versi mie-nya dari Nasi Penjara.

Oke, main menu udah. Giliran side dish. My favorite: Ote-ote, semacem pangsit garing yang ada isinya gitu. Cony nggak tau (dan mas2 waiternya juga ngasihtau nya gak jelas) apa isi dari Ote-ote ini. Rasa isinya sih mirip-mirip Samosa. Di menunya juga sengaja nggak dikasih keterangan. Mungkin biar penasaran ya. Yang jelas rasanya enak dan Brown juga suka🙂

Camera 360

Ote-ote

Penasaran pengen cobain makan di penjara? Samperin Bong disini:

Bong Kopitown
Boulevard Raya Blok PD1 no. 5-6,
Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telpon: (021) 4585 3059

Plaza Semanggi lt. 3 no. 9
Jakarta Selatan
Telpon: (021) 2553 9867

Summarecon Mall Bekasi lt. 2 blok F no. 119
Bekasi, Jawa Barat
Telpon: (021) 2957 2585

Supermal Karawaci
lt. 1 no. 39A-40A
Phone: +62 21 5466 493

2 thoughts on “Bong Kopitown, Makan Enak di Penjara?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s