Tips Asyik Belanja Online dan Pengalaman Belanja Produk Terlengkap di Blibli.com

belanja online blibli lomba blog retno wulandari x

Sejak menyandang status baru sebagai working mom, saya sering merasa waktu berjalan dengan cepat. So little time, so much to do. Pagi-pagi, harus siap-siap kerja, dandan, siapin anak dan suami. Belum kalo ada cucian piring, baju, atau botol susu yang belum disteril. Pulang kantor, harus pulang cepat karena harus jemput bayi yang dititipkan di rumah mama.

Sebagai wanita karir sekaligus ibu muda yang lumayan sibuk, apalagi di samping bekerja di kantor saya juga mengambil beberapa pekerjaan freelance, seringnya saya tidak punya banyak waktu untuk belanja belanji ke mall seperti waktu lajang dulu. Pokoknya, pulang harus on time, karena menjelang sore si kecil biasanya sudah mulai kangen sama mamanya. Padahal, dalam rumah tangga, sayalah pemegang peran utama dalam menentukan pembelian hampir semua kebutuhan rumah tangga. Belanja yang dulu jadi kegiatan rutin, sekarang harus dilakukan dengan curi-curi waktu.

Kondisi inilah yang membuat saya harus mencari alternatif cara belanja baru, yang bisa dilakukan kapan saja, baik di rumah ataupun di kantor. Ya, belanja online akhirnya menjadi solusi. Senangnya, sekarang ini situs-situs belanja online sudah menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan bayi secara lengkap, nyaris sama lengkapnya dengan toko-toko ritel dan supermarket besar. Jadi, tidak perlu pusing karena semuanya bisa dilakukan hanya dengan duduk di depan PC saja. Salah satu e-commerce alias toko online favorit saya adalah Blibli.com. Kenapa? Karena Blibli.com merupakan salah satu toko online terlengkap, apalagi mereka menawarkan promo-promo yang menarik setiap hari.

So, belanja apa aja sih saya di Blibli.com? Banyak! Mulai dari item-item fashion, seperti baju kerja, blazer, sepatu hingga jam tangan pernah saya dan suami beli disana. Dengan penawaran gratis pengiriman setiap hari, pengalaman belanja online semakin menyenangkan. Apalagi dengan banyaknya diskon dan promo, wah, rasanya untung banyak deh. Produk yang juga banyak saya beli adalah keperluan bayi, seperti sterilizer, perlengkapan menyusu, pakaian bayi, dan berbagai pernak-pernik lain.

Hal lain yang membuat saya nyaman belanja di Blibli.com adalah alternatif metode pembayaran yang beragam. Saya paling sering menggunakan metode transfer dan kartu kredit. Untuk opsi kedua, tidak usah khawatir karena transaksi di Blibli.com dijamin aman. Selain itu, mereka juga menawarkan cicilan 0% hingga 6-12 bulan untuk semua produk lho.

Oh ya, saya juga pernah dapat surprise menyenangkan di Blibli.com. Ceritanya, bulan Februari lalu saya sempat belanja sepatu dan botol susu bayi disana. Pas barang sampai, ternyata tersisip dua voucher 50.000 dengan minimum pembelian hanya 150.000 aja. Wah senangnya! Langsung saja saya belanjakan lagi, selanjutnya beli dua helm baru, satu untuk saya dan satu untuk suami, dengan voucher yang saya dapat itu. Hemat banyak deh. Hehehe…

Well, jika ada pembaca yang working mom seperti saya, atau mungkin yang memang orang sibuk sehingga sulit menemukan waktu khusus untuk pergi berbelanja, mungkin bisa mempertimbangkan untuk berbelanja online saja. Agar nyaman, ada beberapa tips yang menurut pengalaman saya akan berguna buat kita yang senang berbelanja online. Simak ya!

  1. Lakukan riset sebelum belanja

Melakukan riset terhadap situs e-commerce adalah hal wajib sebelum belanja. Ini untuk menghindari resiko penipuan. Periksa email dan nomor telepon si penjual, apakah aktif atau tidak. Cari ulasan di search engine seperti Google atau Yahoo. Paling aman sih belanja di situs yang memang sudah terpercaya, seperti Blibli.com.

  1. Baca kebijakan situs

Jika membeli barang mahal yang beresiko rusak, pastikan toko online tempat kamu berbelanja punya kebijakan pengembalian barang dan pengembalian uang (refund) jika barang yang dikirim rusak atau tidak sesuai spesifikasi. Hal ini sangat penting, mengingat ketika belanja online kita tidak bisa melihat barang tersebut sebelum dibeli.

  1. Jangan cepat tergoda diskon

Barang murah memang menggoda, tapi kita harus tetap waspada. Jangan sembarangan registrasi apalagi langsung membeli barang murah tersebut. Pastikan barangnya memang asli, dan lihat apakah ada testimoni untuk barang tersebut. Curigalah pada barang bermerk dengan diskon sangat besar atau harga sangat murah. Hati-hati juga dengan taktik licik spammer, yang mengirim e-mail promosi, seolah dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya kunjungi situs dari browser saja, jangan klik dari email.

  1. Cari tanda yang menunjukkan situs web aman

Jika kamu mengunjungi situs web, ada gambar gembok di status bar browser. Itulah tanda yang menunjukkan situs web aman dibuka. Pastikan tanda itu ada. Lalu pada saat membayar dengan kartu, situs yang aman akan berubah alamat dari ‘http’ menjadi ‘https’. Artinya pembayaran tersebut lebih aman dan dienkripsi. Apalagi kalo kamu membayar dengan kartu kredit. Harus cari situs yang benar-benar aman dan terpercaya.

  1. Periksa harga total sebelum bayar

Ada beberapa toko online yang mengenakan ongkos kirim dan biaya jasa. Periksa sebelum membayar agar kamu tahu apa saja jasa yang kamu bayar selain harga barang yang dibeli.

  1. Cara pembayaran

Menggunakan kartu kredit memang nyaman, mudah dan cepat. Tapi kecuali kamu berbelanja di toko online yang bisa dipercaya seperti Blibli.com misalnya, sebaiknya gunakan saja metode transfer atau COD untuk menghindari pembobolan.

  1. Pastikan PC aman

PC dan smartphone yang kamu pakai belanja online harus punya antivirus yang terupdate ya. Lebih baik jika ada anti spyware dan firewall untuk mencegah berbagai virus dan phishing, usaha-usaha pencurian data seperti username, password, data pribadi dan detil kartu kredit.

  1. Selalu simpan bukti transaksi

Simpan semua bukti transaksi digital dan amankan di email, supaya mudah diakses kapan saja. Jika perlu beri tanda di email agar mudah ditemukan. Hal ini berguna jika barang yang kamu beli cacat, perlu dikembalikan, atau lama sampainya.

  1. Matikan PC setelah transaksi

Jika PC kamu terkena malware, sejarah transaksi kamu bisa saja dicuri orang! Karena itulah PC harusnya dimatikan atau di restart setelah kamu selesai belanja online. Hapus history browser dan cookies secara berkala.

Nah, itu dia pengalaman dan tips-tips belanja online dari saya. Semoga berguna ya!***

 

6 thoughts on “Tips Asyik Belanja Online dan Pengalaman Belanja Produk Terlengkap di Blibli.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s