Blibli.com Monday Moms Day, Strategi Hemat Belanja Keperluan Bayi

Saat paling menyenangkan, membuka boks paket belanjaan.

Salah satu hal yang paling menyenangkan buat saya ketika hamil dan memiliki bayi adalah ketika memilihkan dan berbelanja keperluan untuk buah hati tercinta. Karena kesempatan keluar rumah terbatas, minggu-minggu terakhir kehamilan saya habiskan dengan menjelajah toko-toko online, melihat berbagai barang kebutuhan bayi yang semuanya kelihatan cute dan lucu. Apalagi ini anak pertama, pengen dibeli semua deh rasanya.

Memang beberapa kali kejadian, saya lapar mata dan membeli banyak pakaian bayi yang akhirnya tidak semuanya dipakai. Kalo budgetnya ‘nggak terbatas sih, ‘nggak masalah ya. Tapi namanya lagi hamil, harus pintar-pintar atur keuangan untuk biaya melahirkan, dan biaya anak ketika dia lahir nanti. Soalnya ada saja pasti kebutuhan yang tidak terduga, ‘kan?

Tapi saya punya strategi sendiri untuk berhemat. Saya selalu mencari toko online terlengkap yang menyediakan perlengkapan bayi, yang menawarkan promo menarik setiap hari seperti Blibli.com. Produk yang ditawarkan Blibli.com memang lengkap, mulai dari pakaian, peralatan memompa asi, botol susu, sterilizer, hingga diaper dan perlengkapan makan. Lebih senangnya lagi, selalu ada promo seru di Blibli.com yang bisa membuat saya berhemat, seperti promo Monday Moms Day. Setiap Senin, berbagai keperluan anak dan rumah tangga bisa dibeli dengan harga lebih murah. Yaa, namanya emak-emak, pasti senang dong kalo bisa dapat diskon. Apalagi, ongkos kirimnya gratis dan cara pembayarannya-pun banyak pilihan. Cara pembayaran di Blibli.com bisa pakai internet banking (BCA Klikpay, CIMB Click, BCA Klik, Mandiri Clickpay dan e-pay BRI) dan kartu kredit Visa atau Mastercard. Seru ‘nggak tuh?

monday moms day blibli

Salah satu contoh, pada saat Monday Moms Day beberapa waktu lalu, Blibli.com menawarkan produk botol bayi merk Organickidz yang memang sudah saya incar, dengan harga lebih murah! Wah, senang banget dong saya. Produk-produk baby gear juga pernah masuk Mother Moms Day, seperti stroller berbagai merk. Nggak hanya perlengkapan bayi, di Monday Moms Day Blibli.com juga ada berbagai keperluan rumah tangga, makanan, peralatan dapur elektronik, dan masih banyak lagi. Diskonnya bisa sampai 70% lho! Pokoknya, Big Choices Big Deals hanya di Blibli.com. Benar-benar membantu saya berhemat deh.

Tips Hemat Belanja Perlengkapan Bayi

Nah, untuk pembaca new moms atau moms to be, saya ada sedikit tips berdasarkan pengalaman pribadi nih, supaya bisa hemat ketika belanja perlengkapan bayi:

Buat daftar belanjaan

Belanja tanpa daftar belanja bisa bikin moms kebablasan. Ya itu tadi, semua barang bayi kelihatannya lucu, dibeli semua deh. So, jangan lupa selalu bikin daftar belanjaan ya, supaya ‘nggak ada yang lupa juga. Lihat disini untuk daftar keperluan barang bayi baru lahir, versi saya.

Hitung banyaknya barang yang diperlukan

Tentukan berapa kali seminggu mons mencuci pakaian, sehingga jumlah pakaian yang diperlukan bisa dihitung. Misalnya, kalo moms mencuci seminggu sekali, maka pakaian yang perlu disediakan adalah 7 setel dikalikan 2. Mengapa dikalikan 2? Karena bayi sering kali perlu ganti pakaian beberapa kali dalam sehari karena susu yang tumpah, pipis, dan sebagainya.

Untuk membeli botol susu, tentukan seberapa sering moms ingin mensterilkannya setiap hari. Untuk bayi baru lahir, jadwal makannya adalah setiap 3-4 jam atau 6-8 kali sehari. Saya sih menyediakan 6 botol susu, supaya tidak terlalu repot sering mensterilkan. 8 botol lebih bagus lagi. Oh ya, jumlah peralatan makan bayi juga menentukan jenis dan kapasitas sterilizer yang moms butuhkan.

Beli diaper saat promo

Well, ya diaper ini salah satu item yang bikin kantong bolong. So, kalo saya sebisa mungkin selalu beli diaper pada saat promo. Belinya sekaligus banyak, 3-4 pak dengan isi 46-52 diaper. Rajin-rajin cek Blibli.com deh, soalnya suka ada promo diaper berbagai merk juga disana.

Berburu diskon

Kalo yang satu ini moms udah jago kali ya. Saya selalu menandai “jadwal” promo di masing-masing toko online. Misalnya, menjelang atau pada saat gajian, biasanya toko-toko online berlomba menarik pembeli dengan banyak promo. Misalnya, setiap Senin di Blibli.com ada Monday Moms Day. Ini membantu saya berhemat. Selain itu, rajin-rajin mampir ke baby expo atau pameran produk bayi. Biasanya harga pada saat expo jauh lebih murah dibandingkan harga reguler.

Beli barang second

Saya termasuk rajin berburu barang second yang masih bagus, seperti ranjang bayi atau stroller yang biasanya tidak dipakai lama. Jika beruntung, bisa dapat setengah harga lho. Keren kan.. hehehe.

Pinjam dari saudara atau sewa

Beberapa perlengkapan bisa dipinjam atau disewa. Misalnya, Moms punya kakak yang anaknya sudah besar, mungkin bisa meminjam berbagai baby gear-nya seperti ranjang bayi, stroller, bouncer dan sebagainya. Moms bisa juga menyewa untuk barang-barang yang tidak dipakai lama.

Nah, itu strategi hemat dalam memenuhi kebutuhan buah hati versi saya. Semoga berguna ya. Kalo Moms punya kiat-kiat lain, monggo di-share disini.***

Gambar modifikasi dari sini.

Leave a Reply

